Selasa, 01 Agustus 2017

5 Tips Sukses Memulai Usaha untuk yang Baru Saja Lulus Kuliah

Kakak baru saja lulus kuliah memang bukan berarti bisa senang-senang ya Kak. Malah sebaliknya. Ini adalah waktu yang krusial untuk mulai mencari usaha atau mencari lowongan pekerjaan.

Tergantung dari bidang mana yang ingin Anda lakukan. Kali ini, saya akan membantu Anda untuk memilih memulai usaha atau bisnis Anda sendiri selepas kuliah.

Dari sekian banyak tips memulai bisnis dan usaha, Kakak pasti rasanya sudah paham mengenai “kesulitan” yang disebutkan untuk jalan ini. Dan memang, memulai bisnis sendiri memiliki tingkat kesulitan yang nyaris sama dengan ketika Anda mencari pekerjaan. Itulah faktanya. Walaupun dikatakan sulit untuk memulai usaha, namun bukan berarti tidak mungkin ya Kak.

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa berguna saat Anda ingin memulai usaha. Berikut ulasannya.


1. Ikuti Passion

Tips memulai usaha yang pertama adalah ikuti passion Anda. Memulai bisnis selepas kuliah dan ketika sudah pernah merasakan dunia kerja memang berbeda. Katakan saja bila saat ini Anda ingin memulai bisnis setelah berada di sebuah industri dalam waktu yang lama. Maka, tak heran bila Anda tak akan lagi mengikuti passion itu tadi. Sebaliknya, Anda mungkin akan lebih berfokus pada pengalaman yang dimiliki.

Ini berbeda dengan ketika Anda baru saja lulus kuliah. Tak adanya pengalaman menjadikan passion dan hobi menjadi sebuah pegangan untuk Anda untuk memulai bisnis.

2. Jangan Takut pada Perubahan

Akan ada perubahan besar dari posisi Anda yang semula adalah mahasiswa, menjadi seorang pebisnis atau pengusaha. Perubahan ini bisa dalam bentuk gaya hidup – dimana untuk beberapa bulan Anda mungkin harus jauh lebih berhembat, hingga perubahan dari kesibukan, aktifitas sehari-hari, dan banyak lain.

Dan Anda, seharusnya sama sekali tak gentar pada perubahan demi perubahan yang sudah menunggu tersebut.

3. Keluar dari Zona Nyaman

Masih ada hubungan dengan poin kedua, Anda pun harus siap untuk keluar dari zona nyaman. Meski dikatakan bahwa ikuti bisnis atau usaha yang sesuai dengan passion, jangan takut untuk melangkah keluar dari zona nyaman Anda. Anda tak pernah tahu kan apa yang bisa ditawarkan oleh dunia diluar “dunia” yang Anda tinggali saat ini?

Pindah ke kota lain, misalnya. Atau malah lakukan hal yang terduga yang membuat bisnis dan usaha Anda mampu menarik perhatian.

4. Pelajaran dan Pengalaman

Anda mungkin sudah banyak sekali mendapatkan ilmu pengetahuan dari kampus. Dari sederet buku dan penelitian yang Anda lakukan selama masa kuliah. Namun bukan berarti Anda sudah siap dengan dunia bisnis. Terlebih ini adalah bisnis yang akan Anda mulai sendiri.

Bila begini, yang bisa Anda lakukan adalah mencari pengalaman. Serta pelajaran. Mendapatkan mentor bisa dikatakan sebagai salah satu cara paling tepat untuk Anda yang berniat memulai usaha selepas kuliah ini.

5. Networking

Terakhir, kunci sukses dan tips paling ampuh untuk memulai usaha : netoworking. Jaringan sudah bukan rahasia lagi merupakan sebuah elemen pasti dalam sebuah kesuksesan. Karena itu sembari membangun bisnis, bangunlah jaringan yang Anda miliki pula.

~

Saya rasa cukup segitu saja Artikel kali ini, semoga dapat membantu kakak untuk memulai Usaha yang kakak sendiri inginkan. Selama kakak Niat dan Berusaha dengan sungguh-sungguh InsyaAllah Usaha kakak pasti akan Sukses.

Ingat ya Kak! Tidak Ada Usaha Yang Sia-Sia
Kalo ada yang mau nambahin silahkan coret-coret di kolom komentar ya kak! ^^

Sekian dan Terima Kasih!
~Artbust Creator~
Wassalam! ^o^)/


EmoticonEmoticon