Jumat, 28 Juli 2017

10 Rahasia Ampuh Menghemat Biaya Kuliah | Solusi Dompet Tipis!

Ketika sudah menjadi mahasiswa, kamu juga mesti menjadi manajer keuangan bagi dirimu sendiri. Uang saku yang dikirim per bulan atau dalam periode tertentu mesti bisa dihemat sedemikian rupa agar tidak habis sebelum masanya.

Oleh karena itu kamu harus jeli dan telaten dalam melakukan penghematan. Berikut kami bagikan 10 rahasia ampuh menghemat biaya kuliah yang bisa kamu coba.


1. Mulailah dengan memilih tempat kos yang tepat
Dalam memilih tempat kos, kamu harus menyesuaikan dengan anggaran yang ada. Jangan memilih tempat kos yang mewah kalau nyatanya kamu tidak membutuhkannya. Terutama bagi yang cowok, biasanya kos cuma sebatas tempat tarok barang. Tidurnya mah bisa di mana-mana.

Namun meskipun demikian, perhatikan juga fasilitas yang ada di kos tersebut, terutama kamar mandinya. Jika menyewa satu kamar sendiri terlalu mahal, jangan sungkan untuk mengajak teman menyewa 1 kamar berdua. Dan, kalau bisa pilihlah tempat kos yang empunya kos suka bagi-bagi makanan bagi anak kosnya, hehe

2. Bijak dalam memilih Sarana Transportasi ke Kampus
Kamu yang kuliah di kampus dengan transportasi resmi kampus beruntung banget, bisa irit. Tapi bagaimana kalau tidak ada layanan seperti itu? Jawabannya adalah dengan bijak menggunakan alternatifnya. Jika jarak tempat tinggalmu ke kampus tidak terlalu jauh, jalan kaki tidak masalah kan. Tapi kalau jauh, mau tidak mau harus naik angkutan. Atau kalau bisa, nebeng bersama teman juga sangat membantu menyelamatkan kantong kamu.

3. Mulailah Mencari Beasiswa
Banyak beasiswa yang bisa kamu daftari di kampus. Tidak ada salahnya mencoba mengikutinya, manatahu rezeki. Carilah informasi dan siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk beasiswa itu.

4. Kurangi Penggunaan Pulsa
Salah satu tagihan yang menguras isi dompet mahasiswa adalah pulsa. Banyak teman mahasiswa yang boros banget dalam menggunakan pulsa. Baik untuk digunakan sebagai pembeli paket data ataupun telpon/SMS. Demi menghemat biaya kuliahmu beralihlah pada provider dengan biaya yang lebih murah dan masa aktif yang lebih lama.

5. Berburu Produk Diskon
Jika tiba masanya untuk shoping maka pilihlah produk-produk yang diberi diskon alias potongan harga. Beberapa toko menyediakan diskon besar di waktu-waktu tertentu malah ada juga diskon khusus untuk pelajar.

6. Pikirkan tentang apa yang kamu Butuhkan bukan yang kamu Inginkan
Jangan mengikuti keinginan terlalu sering, tapi pandai-pandailah tegas pada diri sendiri. Dahulukan kebutuhan daripada keinginan, sebab keinginan dapat ditunda tapi kalau kebutuhan tidak. Jika kebutuhanmu sudah terpenuhi itu sudah cukup, hindarkanlah diri kita dari sifat hedon.

7. Buatlah Rencana Anggaran Biaya
Agar anggaran dana kamu cukup, buatlah rencana anggaran biaya. Kamu harus benar-benar mempertimbangkan mana biaya yang harus dikeluarkan dan mana yang tidak. Hal ini agar uang kamu gak habis sebelum waktunya.

8. Catatlah setiap kali kamu mengeluarkan Uang
Kalau banyak uang biasanya kita suka belanjain ini dan itu. Suka-suka kita. Tapi setelah itu bingung luar biasa, kok uangnya bisa cepat habis? Kemana saja perginya? Hmm, agar gak kejadian seperti itu, kamu perlu mencatat setiap uang yang kamu keluarkan agar ketika uangmu habis kamu bisa menyelidiki dan membuat evaluasinya.

9. Puasa Sunnah pada hari-hari Tertentu
Selain berpahala, puasa juga bakal membantu kamu menghemat uang dan baik untuk kesehatanmu. Tips menghemat biaya kuliah yang satu ini bisa dipertimbangkan bagi kamu yang beragama Islam. Kamu bisa berpuasa pada hari Senin dan/atau Kamis serta beberapa puasa sunnah lainnya seperti asyura, arafah, puasa pertengahan bulan Qamariah hingga puasa Daud kalau kamu mampu.

10. Mencari Pekerjaan Sampingan
Kamu sudah melakukan tips-tips di atas tapi masih kesulitan mengelola keuangan? Jika nyatanya uang kamu memang tidak cukup sebab banyaknya kebutuhanmu, mencari pekerjaan sampingan juga boleh dilakukan. Tapi ingat, pilihlah pekerjaan yang halal dan tidak terlalu mengganggu kuliahmu.

Nah, itulah 10 Rahasia ampuh menghemat biaya kuliah, kalau ada tips lainnya kakak bisa sharing di kolom komentar. Marilah kita belajar untuk berhemat, belajar untuk menghargai kerja keras orang tua dan keluarga kita dengan tidak menghambur-hamburkan uang. Selamat mencoba.

Sekian Artikel untuk kali ini semoga Bermanfaat untuk kita semua dalam Menghemat Uang Kuliah ya Kak!
~Artbust Creator~
Wassalam! ^^


EmoticonEmoticon